Four Lions (2010)

Rated: R
Genre: Comedy, Satire, Crime, Drama

IMDb: 7.3/10
Rotten Tomatoes: 82%
Roger Ebert: 3/4

Directed by Chris Morris 
Written by Chris Morris, Jesse Armstrong, Sam Bain, Simon Blackwell
Produced by Mark Hebert, Derrin Schlesinger
Cinematography Lol Crawley
Edited by Billy Sneddon 
Starring Riz Ahmed, Arsher Ali, Nigel Lindsay, Kayvan Novak, Adeel Akhtar, Benedict Cumberbatch, Craig Parkinson


Sipnosis
Lima pemuda muslim radikal (dan bodoh) yang bercita-cita untuk melakukan bom bunuh biri atas dasar keyakinan.

Review
Awalnya, saya tidak berani menonton film ini karena saya anggap mengandung sara. Namun, pada akhirnya saya memberanikan diri menonton film ini dan hasilnya, well, that's so funny. Hampir sepanjang durasi film hanya hanya bisa tertawa sambil menggelengkan kepala karena melihat tingkah laku konyol kelima pemuda muslim itu yang notabene termasuk golongan, bisa, radikal. Banyak sekali momen-momen yang memorable disetiap scene (anti-surveillance joke, love that one) hingga perbincangan berbau satir dan konyol disajikan di dalam film Four Lions ini.

Dari segi cerita memang berat rasanya mengangkat plot yang begitu dalamnya. Apakah banyak orang yang merasa ini film yang menjelekkan suatu agama? Apakah ini pandangan bangsa barat terhadap agama tertentu hari ini? So, kembali lagi ke plot, that's just a bunch of crazy people. Tidak semua penganut agama seperti itu. Toh, juga semua agama cinta damai. Hanya saja, dalam film tersebut mereka bisa dibilang salah tafsir. Hanya kebodohan yang mereka lakukan. Seperti quote di dalam poster "ideology can be idiocy

Conclusion
Pengangkatan isu sosial untuk dijadikan film layar lebar ternyata dapat menghasilkan cerita lucu, segar, dan menarik untuk ditonton. Tidak heran Four Lions mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi. Good joob, Chris Morris!

Film ini juga bisa dibilang pedang bermata dua, dimana penonton bisa saja merasa terprovokasi atau tertawa lepas karena slapstick dan lelucon-lelucon segar penuh satire di sepanjang film.


REPIU AMATIR RATING
4/5









Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR MENCINTAI DIRI SENDIRI LEWAT FILM 500 DAYS OF SUMMER

Life of Brian (1979)

A Quiet Place (2018)